Iuran Yuk Iuran…

Dari mana kegiatan STAPALA bisa jalan ? Tentu saja setelah niat yang besar, STAPALA harus memiliki dana yang cukup. Di tahun 80-90 an SENAT Mahasiswa STAN, melalui Bidang Pencinta Alam memberi subsidi dana setiap periode kepengurusan. Jumlahnya tidak tentu, terkadang di sesuaikan dengan banyaknya kegiatan atau jumlah anggota STAPALA yang terlibat. Untuk kegiatan-kegiatan khusus yang melibatkan seluruh mahasiswa, STAPALA akans mendapatkan tambahan dana sendiri. Tapi tentu saja subsidi itu jauh dari cukup ? dari mana sisanya? Jawabnya adalah iuran dan saweran anggota STAPALA.

Iuran STAPALA adalah iuran resmi yang dikelola oleh BPH STAPALA. Jumlahnya dibedakan antara mahasiswa dan alumni. Kenapa alumni harus bayar iuran ? ya iyalah, kan keanggotaan sumur hidup. Tentu saja harus bayar iuran seumur hidup. Untuk Alumni sekarang di tarik setahun sekali sebesar Rp.100.000,-. Untuk mahasiswa lebih murah. Hmm, gampang-gampang susah menarik iuran. Lokasi dan profesi yang sangat beragam menjadi kendala pengumpulan iuran yang optimal.

Selain iuran, banyak kegiatan atau pengadaan alat didukung oleh saweran spontan. Biasanya saweran di prakarsai oleh alumni. Banyak sekali kegiatan-kegiatan besar yang dananya didukung sebagian besar oleh saweran alumni. Strategi ini memang menjadi cara jitu apabila panitia tidak mendapatkan sponsor. Terakhir Anak-anak STAPALA saweran untuk pembangunan Posko. Hanya melalui media internet seperti mailing list dan facebook, Alumni Saweran untuk pengadaan posko. Strategi ini memang bisa berjalan karena loyalitas dan rasa kebersamaan STAPALA yang sangat tinggi. Jadi jangan coba-coba untuk ngumpet, pasti akan ada yang nagih iuran atau saweran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*