Upgrading Your Writing Skills with Swastika Nohara

Peresmian STAPALA Korwil Banteng

 “Menulis itu upaya menuangkan pikiran dan perasaan” begitu penuturan Swastika Nohara pada saat mengisi salah satu sesi acara peresmian  STAPALA koordinator wilayah (Korwil) Banteng pada tanggal 17 Maret 2017 lalu, di basecamp Cafe Rooftop Kementerian Keuangan jalan Wahidin No.1 Jakarta Pusat. STAPALA Korwil Banteng adalah paguyuban anggota STAPALA kategori alumni yang wilayah kerjanya berada di sekitar Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Sebuah ikatan persaudaraan yang tidak akan lekang oleh waktu meski para anggotanya sudah tidak meyandang status sebagai mahasiswa lagi.

Acara peresmian Korwil Banteng turut mengundang para anggota STAPALA yang berinstansikan di kantor pusat Kementerian Keuangan, BPKP, Kementerian Perhubungan,  Kantor Pelayanan Pajak maupun non departemen di seputaran Lapangan Banteng. Tidak lupa perwakilan dari koordinator wilayah lain seperti Korwil Gatot Subroto, Rawamangun bahkan anggota STAPALA yang menjadi Badan Pengurus Harian di sekret kampus/ Posko pun turut bergabung dalam acara ini.

Salah satu wujud sharing knowledge dalam program kerja 3 tahun ke depan oleh Korwil Banteng telah dimulai dengan mengajak Swastika Nohara seorang blogger dan penulis skenario beberapa film terkenal di Indonesia dalam acara peresmian di hari Jumat lalu. “WOW!” beberapa dari deretan skenario film garapannya yaitu 3 Srikandi, Cahaya dari Timur: Beta Maluku, Hari ini Pasti Menang. Dalam sesi Upgrading Your Writing Skills ini, Swastika Nohara menuturkan perlunya bagi kita untuk menulis terlebih di tampilkan secara online agar dapat dinikmati oleh banyak kalangan. Tulisan tersebut akan menjadi arsip sebagai pusat ingatan baik kita sendiri dan bermanfaat bagi audience, sebagai contoh ketika kita atau teman memerlukan informasi seperti perjalanan ke suatu tempat yang pernah kita lakukan, bisa ditampilkan kembali dengan cepat dan mudah.

Akan muncul dalam benak kita bagaimana seharusnya tulisan yang diangkat tersebut? Tutur Swastika Nohara tidak ada aturan bakunya, akan tetapi tanyakanlah pada diri masing-masing dan siapakah sasaran audience dari hasil karya kita nantinya. Sebab perlu untuk diangankan jenis tulisan tersebut, apakah berupa tulisan yang berisikan kesan dan pesan, informatif, tips/ anjuran/ bimbingan yang masing-masing bentuk tulisan tersebut bisa ditambahkan dengan bumbu emosional agar terlihat semakin menjiwai. Sejatinya tulisan yang akan kita sebut dengan artikel dalam konteks ini, akan menjadi menarik apabila dapat memberikan dan menggugah emosi para penikmatnya.

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan dalam konten artikel karya kita adalah mengenai tata bahasa penulisannya yang sebaiknya tertib dan sah-sah saja apabila menggunakan bahasa sehari-hari, terlebih konsisten dengan satu gaya bahasa saja. Satu tema artikel tersebut dapat juga kita buat menjadi beragam cerita atau kisah dengan kreatifivitas kita masing-maisng. Hal lain yang tidak boleh terlewat adalah karya-karya artikel tersebut harus original, murni karya penulisan kita sendiri. Selain itu strategi pencantuman judul pada artikel kita sebaiknya memakai key word yang mudah dicari oleh kebayakan orang. Atas sharing knowledge tersebut, para peserta begitu antusias dan aktif bertanya mengenai artikel yang mereka buat dan kebanyakan telah di posting pada blog-nya masing-masing.

Sayang sekali sesi diskusi bersama Swastika Nohara harus diakhiri setelah menit ke-60 acara tersebut berjalan, karena waktu yang semakin larut. Gong peresmian Korwil Banteng segera ditabuhkan, dengan pemaparan sosialisasi program kerja oleh Ketua Korwil Banteng yaitu Imam Rusdiyantoro 638/SPA/2001. Korwil Banteng mempunyai beberapa tim beserta koorinatornya, sebagai berkut:

  • Keanggotaan : Nina MENOT Nurfadila      1085/SPA/2015
  • Kepencintaalaman : Sigit ASIG Luhur Pambudi  828/SPA/2008
  • Banteng Berbagi : Agil RANJOS Wibowo         862/SPA/2009
  • Dana Usaha : Anggi GOBOG R. Permana    787/SPA/2006
  • Media dan Komunikasi : Taufan TONGFANG Dwi A.        1044/SPA/2014

Sementara itu selama 3 tahun kedepan secara umum Korwil Banteng memiliki beberapa program kerja andalan seperti pada Keanggotaan (Database Anggota, Bantengers Peduli, Banteng Bugar, Ngopi Bareng/Ngobar), Kepencintaalaman (Camping, Hiking, Sharing Knowledge), Banteng Berbagi (Aplikasi, Sharing Knowledge, Banteng Peduli) dan masih banyak proker kejutan yang akan bermanfaat baik bagi anggota STAPALA di Korwil Banteng, untuk Posko STAPALA, serta untuk masyarakat di lingkungan sekitar.

Pada proker Banteng Bugar, merupakan kegiatan olahraga yang rutin dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis sore pukul 17.00 WIB dengan tujuan untuk menumbuhkan kecintaan pada olahraga dan menjaga kebugaran tubuh dimulai dari keluarga di Korwil Lapangan Banteng. Harapan kedepannya kegiatan rutin ini bisa diikuti oleh seluruh anggota korwil dan dapat menginsirasi korwil lainnya untuk peduli dalam menjaga kesehatan tubuh. Jadwal latihan Banteng Bugar pada hari Selasa adalah workout bersama yang bertempat di Lapangan Banteng (outdoor) dan di PIC oleh Meiliana TURUS Eka 1043/SPA/2014, sedangkan untuk hari Kamis jadwal kegiatannya adalah fitness bersama di Fitness Centre, Balai Kesehatan Kemenkeu yang di PIC oleh Hifzil IJIL Waldy Lahuda 898/SPA/2010.

Tunggu aksi dari Korwil Banteng ya sods! Kami tunggu aksi Korwil lain juga! Salam DJAIA! Dari STAPALA untuk Indonesia.

Meiliana “TURUS” Eka

1043/SPA/2014              

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*